STOOP...!!! Mulai Sekarang Berhentilah Untuk Mengkonsumsi Minuman Berenergi. Jika Tidak Gagal Hati & Gagal Ginjal Akan Menghampiri Anda. Berikut Penjelasannya.....

Karena gencarnya promosi minuman energi berhasil menarik simpati dikalangan masyarakat luas. Bukan hanya terbatas pada bebrapa ayah, kaum ibu, remaja bahkan anak-anak juga sudah ketagihan minuman yang satu ini. Pemulihan tenaga secara instant yaitu tujuan utamanya. Ketatnya kompetisi didunia kerja yaitu salah satu sebabnya. 

 


Kandungan yang terdapat dalam energydrink yaitu penambah rasa, pemanis buatan, pewarna, asam fosfat, kafein serta beberapa mineral. Minuman daya juga dilengkapi asam amino taurin serta karnitin yang diperlukan tubuh dalam proses metabolisme. Juga mengandung bee pollen, royal jelly dan ganggang spirullina atau chlorella. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tubuh memerlukan vitamin, tetapi dalam jumlah yang wajar. Vitamin A, D, E serta K biasanya disimpan didalam hati/liver. Jikakandungan ke empat vitamin itu sangat banyak, jadi hati akan kerja berat serta membengkak yang dapat mengakibatkan terjadi kerusakan jaringan hati yang sedemikian luas, timbul sirosis hati karena toxisitas serta akhirnya gagal hati. Bila hal tersebut terjadi, jadi satu-satunya cara pengobatan yaitu terapi yaitu transplantasi atau cangkok hati yang biayanya begitu mahal. Di Indonesia menteri BUMN yaitu contoh orang yang melakukan transplantasi ini. 

Secara umum sebenarnya minuman enegi mengandung Vitamin yang begitu berguna untuk badan. Vitamin B-kompleks bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah/eritrosit. Vit b1 untuk nutrisi saraf, B2 untuk mencegah bibir pecah-pecah, vit B3 , vit B5 yaitu panthotenic acid bagus untuk pertumbuhan rambut sedang vit B6 yaitu niacinamide diperlukan pada wanita hamil yang alami muntah-muntah atau morning sickness. 

Demikian juga Kafein diperlukan untuk meningkatkan kecepatan metabolisme badan serta menstimulir neurotransmitter hingga seseorang jadi tidak mengantuk, tidak mudah capek dan membuat seorang bisa berpikir jernih. Ini yang membuat setelah minum tubuh terasa lebih enak serta rasa lelah menghilang. 

Akan tetapi mesti diingat tubuh hanya memerlukan zat-zat tersebut diatas dalam jumlah yang terbatas. Hingga di balik kandungannya yang lengkap, bila minum daya diminum setiap hari, jadi efek sampingnya akan berdampak buruk untuk kesehatan anda terutama hati dan ginjal. 

Batas konsumsi aman kafein /hari adalah 150 miligram atau setara satu botol energy drink bervolume 150 ml. Bila berlebihan jadi akan mengakibatkan sulit tidur, badan gemetaran, kejang, jantung berdebar-debar serta asam lambung berlebihan serta memicu sakit maag atau gastritis. 

Karena itu sebaiknya para penderita penyakit jantung, hipertensi, sakit maag serta diabetes harusnya tidak minum minuman seperti itu. 

Ada bahan-bahan stimulant di dalam energy drink membuat kerja organ hati atau liver jadi jauh lebih berat. Dalam waktu singkat Toksisitas dapat segera terjadi dan berakibat fatal dengan kematian. Dalam periode panjang akan menimbulkan kerusakan organ hati yang begitu luas secara perlahan tetapi tentu. 

Demikian juga dengan adanya zat pemanis, bahan pengawet serta pewarna di dalam minuman yang biasanya berwarna cerah ini membuat pekerjaan ginjal juga semakin berat. Beratnya beban ginjal dalam menyaring mengakibatkan lelah ginjal, yang berakibat rusaknya terlebih tubulus serta glomerulus di dalam ginjal serta selesai dengan gagal ginjal khronik (GGK). Bila hal itu telah terjadi jadi cuci darah atau hemodialisa (HD) yaitu satu-satunya jalan. Jalan lain dengan cangkok ginjal yang biayanya begitu mahal. 

Untuk itu sebaiknya berhati-hatilah minum energydrink. Jangan menjadikan minuman daya sebagai kebiasaan setiap hari. Minum 1 botol dalam seminggu telah cukup. Obat lelah yang utama adalah dengan istirahat serta bukan dengan cara instan yang hanya enak sesaat namun berakibat fatal dalam jangka panjang. 

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment