WASPADALAH !!! DITANGAN ATAU DIKAKIMU ADA BENJOLAN SEPERTI INI? BERIKUT PENJELASAN MEDIS ADANYA BENJOLAN DI AREA TANGAN DAN KAKI ,wajib dibaca

Apakah Anda tiba-tiba merasakan benjolan di pergelangan tangan? Mungkin saja benjolan ini yaitu ganglion cysts atau kista kantong sendi.

Gumpalan ganglion yaitu jenis massa yang menonjol serta muncul di tangan dan bisa tumbuh dibagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan. Gumpalan ganglion juga dapat timbul di ujung persendian jari-jari hingga dibagian bawah jari-jari dalam beragam ukuran.

Kadang, ganglion bisa tumbuh lebih besar apabila pergelangan tangan terus-menerus beraktivitas. Demikian sebaliknya, semakin sedikit aktivitas pergelangan tangan, benjolan ganglion juga bisa semakin mengecil.

Ganglion bisa keluar dari persendian serta berbentuk mirip balon. Bagian dalam dari balon menggumpal tersebut merasa tebal, licin, cair, serta sama cairan yang melubrikasi persendian.

Ganglion biasanya berlangsung pada orang yang berumur 15 – 40 th. serta kebanyakan dihadapi wanita atau pesenam. Ganglion yang tumbuh di ujung sendi jari dimaksud kista mucous yang muncul karena artritis pada sendi jari-jari. Namun, kista mucous ini biasanya muncul pada orang yang berumur 40 – 70 th..
Normalnya, ganglion tak menyebabkan tanda-tanda apapun. Tetapi saat gumpalan cairannya menekan saraf-saraf, bisa timbul rasa sakit, geli, serta lemah otot.

Cara menentukan beresiko tidaknya ganglion dapat melalui pemeriksaan foto rontgen pergelangan tangan yang bisa memperlihatkan struktur tulang, peluang ada artritis, ataupun tumor tulang. Pemeriksaan ini biasanya ditunjang MRI atau ultrasound agar jaringan lunak seperti ganglion dapat tampak lebih jelas.

Pengobatan ganglion tanpa operasi yaitu pengawasan ganglion selama tak ada pergantian serta tanda-tanda, pemakaian kawat penyangga pergelangan tangan (kruk) untuk kurangi ukuran ganglion, dan menyerap cairan lewat jarum suntik. Sayangnya, cara terakhir sering tidak berhasil karena akar atau sambungan ganglion ke sendi atau ke lapisan tendon tak terangkat.

Operasi pengangkatan ganglion berbentuk sayatan untuk pengangkatan kantong ganglion sampai ke akarnya. Namun, operasi cuma direkomendasikan waktu perawatan tanpa operasi tidak berhasil. Serta, walau telah dioperasi, ganglion masih dapat tumbuh lagi.

Sayatan ganglion termasuk operasi kecil dimana penderita ganglion bisa segera pulang dari tempat tinggal sakit. Resikonya usai operasi yaitu bengkak serta rasa tak nyaman. Aktivitas normal sesudah operasi ganglion bisa dilakukan sekitar 2 – 6 minggu sesudah operasi.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment