Bagaimana Nasib Bangsa Ini Kedepan??? Jika Generasi Penerus Belajar Tidak Jujur, Beredar Bocoran Soal Ujian Nasional di Yogyakarta Lewat Line


Sejumlah siswa SMA Negeri di Yogyakarta melaporkan adanya bocoran soal Ujian Nasional Paper Based Test (PBT) yang tersebar lewat percakapan Line. Kabar ini diungkapkan oleh Ombudsman RI DIY. Seperti yang telah diketahui, Ombudsman merupakan lembaga negara yang bertugas mengawasi pelayanan publik.

"Baru tadi pagi ada 4 pelajar dari sebuah SMA Negeri di Kota Yogyakarta melaporkan kepada kita," ujar Asisten ORI DIY Rifki Taufiqurrahman di Yogyakarta pada Senin (11/4/2016). "Kali ini mereka membawakan bukti yang lebih kuat dengan foto yang tersebar lewat aplikasi chatting Line."

Soal-soal yang bocor di percakapan Line tersebut antara lain untuk bidang studi Matematika, Kimia dan Biologi. Soal tersebut merupakan soal PBT yang tersebar pada malam harinya setelah dikerjakan. Padahal keesokan harinya dilaksanakan UN Computer Based Test (CBT).

Menurut laporan para siswa tersebut terdapat banyak kesamaan antara soal PBT yang tersebar dengan soal CBT. Meskipun tak semua soal sama dan nomornya juga diacak.

"Awalnya siswa ini tidak begitu memperhatikan gambar soal PBT yang tersebar tersebut, mereka mengaku tidak menggunakannya," tambahnya. "Namun seusai dia mengerjakan soal CBT, dia melihat kembali dan menemukan adanya kesamaan dengan soal yang baru saja dia kerjakan."

"Mereka merasa dirugikan karena belajar sungguh-sungguh," ungkap Rifki. "Selain itu ada kekhawatiran kalau nilai ujian akan digunakan untk SNMPTN atau UMBPTN."

Rifki menjelaskan seharusnya soal ujian PBT langsung disegel setelah selesai dikerjakan. Namun soal tersebut malah tersebar di dunia maya. Karena itulah Ombudsman RI DIY akan menyelidiki lebih lanjut kasus ini.

"Mestinya setelah dikerjakan disimpan dalam amplop tersegel, tapi bisa beredar seperti ini," tutur Rifki. "Akan kita dalami lebih lanjut, kita kembali koordinasikan dengan pihak-pihak lain."
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment